💐 Herbal yang Baik Untuk Ibu Hamil💐

13/12/2014

💐 Herbal yang Baik Untuk Ibu Hamil💐

✒ dr. Ika ummu aisyah, akp
& ummu muhammad, akp
➖➖➖➖➖➖➖➖

Alhamdulillaah..atas nikmat yang Allah berikan berupa kehamilan.
Untuk itu kita perlu bersyukur dengan menjaganya sebaik mungkin.
Tentunya kita ingin memberikan makanan serta asupan lainnya yang terbaik bagi perkembangan janin. Dan berikut ini ada beberapa herbal yang baik untuk dikonsumsi ibu selama kehamilannya :

🍯🍯🍯🍯🍯🍯

🍹Madu 🍹

Madu memiliki kandungan yang sangat bagus untuk kesehatan.
Karenanya Rasululloh صلى الله عليه وسلم menyarankan kita untuk meminumnya,

Rasululloh صلى الله عليه وسلم
bersabda, “Kesehatan itu ada pada 3 hal yaitu madu, sayatan bekam dan kay. Namun aku melarang umatku dari kay” (HR Bukhori, dari Abu Hurairoh)

❓Apa saja yang terkandung dalam madu?
👉Karbohidrat, seperti fruktosa yang merupakan salah satu sumber energi tinggi, mudah diserap tubuh dan aman.
👉protein untuk pembentukan sel-sel tubuh.
👉vitamin lengkap seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B12, C, D, K dan tingginya vitamin E yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh, keseimbangan hormonal serta kecantikan selama hamil.
👉mineral lengkap seperti asam folat, kalsium, kalium, iodium, selenium, magnesium, phospor, mangan, zink, dan lainnya yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan ibu dan janin.
👉enzim-enzim yang penting untuk kesehatan pencernaan diantaranya adalah enzim diatase yang mengubah karbohidrat komplek (polisakarida) menjadi karbohidrat sederhana (monosakarida),
-Enzim invertase yang memecah molekul sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa,
-Enzim oksidase yang membantu oksidasi glukosa menjadi peroksida,
-Enzim peroksidase yang melakukan proses oksidase metabolisme, serta enzim lipase yang semua zat tersebut berguna untuk proses metabolisme tubuh.
👉dan kalori madu yang relatif besar, yaitu 328 Kal/100 g. Nilai ini setara dengan kalori pada 5 butir telur ayam, 2,5 buah pisang, 4 buah jeruk, atau 400 gram kentang. Meskipun berkalori tinggi, madu tergolong rendah lemak.
👉selain itu juga kandungan antibiotik yang tinggi pada propolis bagian dari madu dapat mencegah ibu hamil dari serangan penyakit biidznillah.
🍯🍯🍯🍯🍯🍯

———————
🍶Zaitun🍶
———————
Allah Subhaanahu wata’aala berfirman dalam Suran At Tin:
وَالتِّينِ وَالزَّيْتُون,
🍃Tidaklah Allah bersumpah atas nama sesuatu, pastilah hal tersebut adalah sesuatu yang memiliki keistimewaan besar. Dalam ayat ini adalah buah Tin dan Zaitun.

Ternyata memang buah Tin dan Zaitun memiliki khasiat yang luar biasa melebihi buah-buahan lainnya.

✅Kandungan zaitun diantaranya:
👉vitamin E, vitamin K, asam lemak antara lain asam oleat atau omega 9 (79%), asam palmitat atau asam lemak jenuh (11%), asam linoleat atau omega 6 (7%), asam stearat (2%), dan lain-lain sebesar 1%.
👉Sehingga zaitun berkhasiat tinggi untuk :
– Mengurangi asam lambung penyebab mual
– Mengurangi Resiko Terjadinya Penyumbatan (Trombosis) dan Penebalan (Arteriosklerosis) Pembuluh Darah
– Menurunkan kadar kolesterol darah
– Menurunkan tekanan darah dan gula darah
– Mengandung lemak yang serupa dengan khasiat ASI
– Mengurangi Peradangan Sendi
– Perawatan kulit, kuku dan rambut
– Antioksidan, antialergi, antivirus dan antikanker.

———————
🌴 Kurma🌴
———————
Kurma pun memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan khususnya ibu hamil.
Karenanya Allaah Subhaanahu wata’alaa memerintahkan Maryam ‘alaihas salaam untuk memakannya selama beliau hamil hingga melahirkan.

❓Nah apa saja kandungan kurma?
Tidak jauh beda dengan madu, diantaranya adalah sebagai berikut:
👉 karbohidrat,
Kurma mempunyai kandungan gula yang cukup tinggi dan umumnya berasal dari jenis glukosa, fruktosa dan sukrosa. Akan tetapi jenis gula yang terdapat pada kurma adalah hasil pengolahan secara alami dan tidak berbahaya bagi kesehatan.

Kandungan gula yang tinggi menjadikan buah ini merupakan sumber energi instan untuk mengembalikan energi yang hilang dalam waktu singkat dan menormalkan kadar gula darah.
Gula yang terkandung dalam kurma habis terserap dalam tempo 40-45 menit.
Ini disebabkan karena adanya serat yang terkandung di dalamnya. Sehingga orang yang makan kurma pada pagi hari akan menjadi segar dan tahan lapar lebih lama.
👉Sumber Serat
Kurma adalah sumber serat pangan yang baik. The American Cancer Society merekomendasikan untuk mengonsumsi 20-30 gram per hari. Serat pangan terdiri dari dua jenis yaitu serat pangan larut dan serat pangan tak larut. Serat pangan tak larut berfungsi meningkatkan volume feses sehingga menurunkan waktu transit di usus dan lebih mudah dikeluarkan.
Penurunan waktu transit feses akan menurunkan waktu kontak sel-sel mukosa usus besar dengan zat-zat karsinogen dari feses.
Serat pangan larut dapat membantu mengontrol diabetes dengan menurunkan peningkatan kadar gula darah.
Selain itu serat pangan larut juga berperan menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah.
👉protein untuk pertumbuhan sel.
👉vitamin lengkap, diantaranya vitamin B kompleks yang baik untuk meringankan keluhan selama kehamilan seperti mual, pegal linu serta anemia. Dan juga vitamin lainnya A, D, E, K yang menunjang vitalitas selama kehamilan.
👉mineral lengkap diantaranya kalsium tinggi yang sangat dibutuhkan untuk tulang dan gigi, kalium, fosfor, selenium, zink, mangan, hingga asam folat yang sangat dibutuhkan bagi perkembangan janin serta pencegahan anemia selama kehamilan.
👉dan juga hormon oksitosin untuk merangsang kontraksi otot polos dinding rahim selama persalinan sehingga memudahkan prosesnya, mengurangi perdarahan serta merangsang keluarnya asi.
Oleh karenanya konsumsi kurma dalam jumlah banyak sangat disarankan menjelang kelahiran disamping minyak zaitun, vco dan minyak habatussauda.
⚠Catatan:⚠

📝 Ada sedikit catatan yang perlu diperhatikan, yaitu dalam mengkonsumsi herbal yang dikombinasikan dengan obat-obatan medis sebaiknya diberi jarak 2jam (1 jam sebelum makan dan obat dokternya di minum 1 jam setelah makan. Jd ada jarak 2 jam antara herbal dan obat dokter).
Serta dalam penggunaan kurma, minyak habatussauda dan vco/zaitun dalam jumlah banyak disarankan untuk dikonsumsi pada usia 9bulan untuk memudahkan persalinan (konsultasikan lebih lanjut dengan ahli yang berkompeten dibidangnya).

Wallaahu a’lam bishshowab
Bersambung Insyaa Allah…
Nantikan pembahasan selanjutnya tentang:
🌊 Gamat 🌊
🍃 Pegagan 🍃
🌱 Spirulina 🌱
🌴 VCO 🌴

💐Tim Info Non Medis Wa. BIKUM💐

Leave a comment